The influence of the learning cycle e-model and interest on learning outcomes in acid-base material

Silvia Azahra Sitanggang, Ajat Sudrajat

Abstract


Abstrack: Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya dominasi penggunaan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran terkhusus materi ajar asam basa di sekolah menengah atas di kota Kisaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam hasil belajar antara Model Pembelajaran Cycle 5E dan Model Pembelajaran Cycle 7E, dan perbedaan minat belajar serta untuk mengetahui bagaimana model dan minat belajar berinteraksi satu sama lain.Hasil penelitian diuji dengan ANNAVA dua jalur. Hasil menunjukkan bahwa model Kelas Pembelajaran Cycle 5E dan Kelas Pembelajaran Cycle 7E memiliki perbedaan hasil belajar yang signifikan. Ini ditunjukkan oleh harga Fhitung 7,046 lebih besar Ftabel 4,06, yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.Untuk minat belajar tinggi dan minat belajar rendah, Fhitung 4,58 lebih besar dari Ftabel 4,06, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Selain itu, untuk interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar, Fhitung 4,078 lebih besar dari 4,06, menunjukkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar dan hasil belajar. 

Abstract: This research was carried out on the basis of the dominance of the pervasiveness of the lecture method and the lack of use of media in learning, especially in acid and base teaching materials in high schools in the city of Kisaran. The aim of this research is to ascertain whether there are differences in learning outcomes between the Cycle 5E Learning Model and the Cycle 7E Learning Model, along with differences in learning interests. In addition, the study also seeks to find out how the models and learning interests interact with each other. The research results were tested using two-way ANOVA. The results show that the Cycle 5E Learning Class and Cycle 7E Learning Class models have significant differences in learning outcomes. This is shown by the value Fcount 7.046 more than Ftable 4.06, which shows that Ha is accepted and H0 is rejected. Meanwhile, for the learning interest, Fcount 4.58 more than Ftable 4.06 was attained, indicating a significant difference in learning outcomes between high learning interest and low learning interest. In addition, for the interaction between the learning model and learning interest, Fcount 4.078 is greater than 4.06, indicating that there is an interaction between the learning model, learning interest, and learning outcomes.


Keywords


Learning Cycle E Model; interest to learn; learning outcomes; Model Learning Cycle E; minat belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015, September). Model learning cycle 7E dalam pembelajaran IPA terpadu. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(4). 212-217

Anugraheni, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran 5e Learning Cycle Berbantuan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPA. EDUSAINS, 9(1), 1-9. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1722

Aripin, F. Y., Cahyana, U., & Suseno, M. (2018). Perbedaan keterampilan berpikir tingkat metode learning cycle 7e dan learning cycle 5e pada pembelajaran ipa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 2014–2019. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9936

Astuti, R. T., & Marzuki, H. (2017). Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa siswa SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862

Balta, N., & Sarac, H. (2016). The effect of 7e learning cycle on learning in science teaching: a meta-analysis study. European Journal of Educational Research, 5(2), 61–72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61

Defri, D. K., & Yerimadesi, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 218-223. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.847

Fitriyani, D., Rahmawati, Y., & Yusmaniar, Y. (2019). Analisis pemahaman konsep siswa pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan 8E learning cycle. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 9(1), 30-40. https://doi.org/10.21009/JRPK.091.04

Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis prior knowledge konsep asam basa siswa kelas xi sma untuk merancang modul kimia berbasis react. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249

Hapsari, N. S., & Yonata, B. (2014). Keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok siswa kelas xi ipa pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di sma kemala bhayangkari 1 surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 3(2), 181–188. https://doi.org/10.26740/ujced.v3n2.p%25p

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh penggunaan media power point terhadap minat belajar sejara siswa kelas x sma negeri 1 bumiayu tahun ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/27352

Lasaiba, M. A. (2023). The effectiveness of the 5e learning cycle model as an effort to optimize students' activities and learning outcomes. Edu Sciences Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30598/edusciencesvol4iss1pp11-21

Mitrayani, M., Hidayat, S., & Novitasari, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas x mia di sma negeri 10 palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1378

Nurhuda, H., Probosari, R. M., & Prayitno, B. A. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5e untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas x-3 sma negeri gondangrejo karanganyar tahun pelajaran 2015 / 2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 215–224. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5702

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. In Sibuku Media.

Pratama, U. N., & Surahman, E. (2020). Investigating student responses of online learning during the covid-19 pandemic in performing art education. Proceedings-2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 64–69. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276575

Pratiwi, S., SimareMare, M., & Juwitaningsih, T. (2022). Efektifitas penerapan model belajar learning cycle 5e berbantuan media ajar chemdraw terhadap hasil belajar siswa pada materi gugus fungsi. Jurnal Zarah, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4488

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Puluhulawa, I., Hulukati, E., & Kaku, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran learning cycle dan penalaran formal terhadap hasil belajar matematika. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4557

Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5E-learning cycle strategy: increasing conceptual understanding and learning motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia di sma negeri 1 tebat karai dan sma negeri 1 kabupaten kepahiang. Alotrop, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740

Sayuna, F. Y., Parsa, I. M., & Ray, F. F. (2018). Evaluasi model pembelajaran learning cycle 5 fase (lc 5e) dan media pembelajaran audio visual berbasis power point terhadap hasil belajar siswa kelas XI tav SMK Negeri 2 Kupang pada standar kompetensi melakukan instalasi sistem audio video CCTV. Jurnal Spektro, 1(1), 14-20.

Silitonga,P.M. (2014). Statistik teori dan aplikasi dalam penelitian. UNIMED.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan ekonomi dan bisnis. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46-58.

Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, A. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap peningktan minat dan hasil belajar peserta didik di sma negeri 8 mataran tahun ajaran 2018/2019. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 20. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1791

Tyas, M. A., & Sugiman, M. (2015). Keefektifan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas x. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 258–264. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9053

Utami, S. N. N., Melati, H. A., & Somantri, E. B. (2022). Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas xi ipa dalam menyelesaikan soal-soal larutan asam dan basa di sekolah menengah atas negeri 2 sungai raya. Eksistensi, 3(1), 44–58. http://dx.doi.org/10.29406/eksis.v3i1.3344

Van Driel, J. H., De Jong, O., & Verloop, N. (2002). The development of preservice chemistry teachers' pedagogical content knowledge. Science Education, 86(4), 572–590. https://doi.org/10.1002/sce.10010

Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model pembelajaran learning cycle 7e berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 134–139. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v11i22024p084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silvia Azahra Sitanggang, Ajat Sudrajat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats