Konsep dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Keluarga
Abstract
Abstrak: Tujuan penulisan ini adalah untuk: 1) menemukan pengertian pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. 2) menemukan konsep dan pola penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga. Penggaliah referensi yang ada menjadi metode untuk mendapatkan sejumlah bahan dan konsep yang dilakukan terhadap sejumlah buku dan artikel yang terkait dengan tema yang akan di tuliskan. Hasil yang didapatkan sebagai berikut; 1) Pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga adalah pendidikan yang diperoleh setiap anggota keluarga dalam keluarganya berupa pengetahuan, sikap maupun keterampilan sebagai bekal kehidupannya 2). Penarapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga adalah upaya keluarga dalam memberikan pendidikan kepada anggota kelarga sepanjang hayatnya. 3) Pola penerapan pendidikan sepanjang hayat dalam keluarga meliputi: penanaman konsep tentang; tujuan hidup, respon terhadap keinginan, mengatasi problem yang dihadapi anak dengan cara yang logis, merencanakan kegiatan pendidikan dengan baik, serta mengarahkan dan menjelaskan pentingya pendidikan untuk kehipdupan anak.
Abstract: The purpose of this paper is to: 1) find an understanding of lifelong education in the family. 2) find concepts and patterns for the application of lifelong education in the family. The existing reference diggers are a method to get a number of materials and concepts carried out on a number of books and articles related to the theme that will be written. The results obtained are as follows; 1) Lifelong education in the family is education that is obtained by each family member in his family in the form of knowledge, attitudes and skills as a provision for his life 2). The hope of lifelong education in the family is the family's efforts in providing education to the members of the family throughout its lifetime. 3) The pattern of implementing lifelong education in the family includes: the planting of concepts about; life goals, responses to desires, overcoming problems faced by children in a logical way, planning education activities well, and directing and explaining the importance of education for children's lives.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aspin, D. N., & Chapman, J. D. (2007). Lifelong learning: Concepts and conceptions. In Philosophical perspectives on lifelong learning (pp. 19-38). Springer, Dordrecht.
Berns, & Roberta, M., 2007, Child, Family, School, Community Socilization and Support. United State: Thomson Corporation
Field, J., 2001, Lifelong Education, International Journal of Lifelong Education: Vol.20: No.2, 3-15
Gorard, S., Rees, G., & Fevre, R. (1999). Patterns of participation in lifelong learning: Do families make a difference?. British educational research journal, 25(4), 517-532.
Hasbullah, 2008, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Indrakusuma, A.D., 1973, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Jajat, A.S., & Hufad, A., 2008. Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. Bandung : UPI PRESS
Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13(1).
Langgulung, H., (1986) Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna.
Mansur, 2005, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mudyahardjo, R., 2003, Pengantar Pendidikan: Jakarta, Rajagrafindo Persada
Nasir, R., 2005, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suhar, A.M., 2009, Filsafat Umum : Konsep, Sejarah dan Aliran, Gaung Persada Press, Jakarta.
Syam, M. N., 1998. Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan; Jakarta, Usaha Nasiona
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional: Depdiknas, Jakarta
Wahyuddin, W. (2017). Pendidikan sepanjang hayat menurut perspektif islam. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(02), 191-208.
Yohana, N. (2017). Konsepsi pendidikan dalam keluarga menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 126-145.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i12018p031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Muhammad Yunus, Agus Wedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)