Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

Ahyar Ahyar, Sihkabuden Sihkabuden, Yerry Soepriyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian    ini    bertujuan    untuk mendeskripsikan    tentang    jalanya    proses pembelajaran  pada  mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan (PPKn)    yang  dirancang  dengan  model  pembelajaran Problem  Based  Learning(PBL) dan dampaknya  terhadap  kemampuan  pebelajar  dalam  memecahkan masalah.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif.  Teknik  pengumpulan data  yang digunakan  yakni observasi,  wawancara  tidak terstruktur, dokumentasi dan tes kemampuan pemecahan masalah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  Implementasi  model  pembelajaran  PBL  pada  mata pelajaran PPKn  di  kelas VII F SMPN 13 Malang  mampu menciptakan lingkungan belajar kondusif yang ditandaidengan tingginya motivasi dan antuasias pebelajar selama pembelajaran berlangsung.  (2)  Secara  klasikal  kemampuan    pebelajar  kelas  VII FSMPN  13 Malang dalam  memecahkan  masalah  setelah  mengikuti  proses  pembelajaran dengan model PBL termasuk dalam kualifikasi Baik.

Abstract: This research aimed to describe the learning process on Civics and Citizenship Education (PPKn) subject using Problem-Based Learning model and its effect on the learner’s problem-solving skills.  The research used descriptive research method. The technique of data collection was an observation unstructured interview, documentation, and problem-solving skills test.  The research decided that:  (1) The implementation of Problem-Based Learning model on Civics and Citizenship Education (PPKn) subject to learners in VII F class, SMPN 13 Malang, is able to create a conducive learning environment characterized by learners’  high motivation and enthusiasm during the learning process.  (2)  Classically,  the learners’ problem-solving skill in VII F class, SMPN 13 Malang, after being involved in the learning process using the PBL model is qualified as good.


Keywords


PBL; Learning Process; Problem Solving Skills;

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2008). Learning to Teach Six Edition. Yogyakarta Pustaka Belajar.

Litbang Kemdikbud. (2013) Kurikulum 2013 Pergeseran Paradigma Abad 21. Retrieved April 1, 2019, from website: http://litbang.kemdikbud.go.id.index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergerseran-paradigma-belajar-abad-21

Miles, M.B., Huberman, A.M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Prayogi, D., Sudjimat, D. A., & Mariana, R. R. (2019). Pengembangan bahan ajar K3 dan higiene sanitasi berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 40(1), 79-86.

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan model PBL berbantuan e-modul berbasis flipbook dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 41(2), 130-138.

Sanjaya, W. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Suyetno, A., Irniyah, E., Elmunsyah, H., & Hoggowiyono, P. (2017). Penerapan model PBL pada mata pelajaran teknik kerja bengkel untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa dI SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 40(1), 13-20.

Wayuningati, N. R. (2017). Penerapan problem based learning dan media flipcart untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi ekosistem siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 184-188.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahyar Ahyar, Sihkabuden Sihkabuden, Yerry Soepriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats