Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV

Akbar Resi Wiyatma, Anselmus JE Toenlioe, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wlingi 03 Kabupaten Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari sebelum dan sesudah tindakan.   Pada siklus I presentase aktivitas belajar siswa siswa sebesar 87,4% dan  pada siklus II meningkat sebesar 89,61% setelah tindakan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I presentase ketuntasan sebesar 86,7%, pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Abstract: This research aims to improve the learning activities and learning result of fourth grade students of SDN 03 Wlingi Blitar using learning model Problem Based Learning (PBL). This research is a classroom action research that consists of two cycles. Data collection techniques with methods of observation, interviews and tests. Research shows that students' learning activities increased from before and after the action. In the first cycle the percentage of student learning activities of students amounted to 87.4% and in the second cycle increased by 89.61% after the action. Student learning outcomes also increased, in the first cycle completeness percentage of 86.7%, in the second cycle increased to 100%.


Keywords


Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); aktifitas belajar; hasil belajar;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Effendi,Mohammad. 2009. Kurikulumdan Pembelajaran: Pengantar ke Arah Pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. Malang: FIP UniversitasNegriMalang

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Prayogi, D., Sudjimat, D. A., & Mariana, R. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar K3 dan Higiene Sanitasi Berbasis PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 40(1), 79-86.

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan model PBL berbantuan e-modul berbasis flipbook dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 41(2), 130-138.

Suyetno, A., Irniyah, E., Elmunsyah, H., & Hoggowiyono, P. (2017). Penerapan model pbl pada mata pelajaran teknik kerja bengkel untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 40(1), 13-20.

Wardoyo, S. M. (2013). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wayuningati, N. R. (2017). Penerapan Problem Based Learning dan Media Flipcart untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 184-188.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Akbar Resi Wiyatma, Anselmu JE Toenlioe, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats