Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Deskriptif Kelas VIII

Satrio Ali Rofiq, Dedi Kuswandi, Henry Praherdhiono

Abstract


Abstrak: Pada SMP Negeri 4 Malang, ditemukan persoalan yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis yang berakibat pada rendahnya kemampuan menulis siswa. Sehingga hasil belajar menulis siswa tidak mencapai nilai yang maksimal. Pengembangan media sebagai alat bantu pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Data pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan instrument berbentuk angket kepada ahli media, ahli materi, dan audiens (siswa). Metode pengembangan yang digunakan dengan menggunakan metode pengembangan multimedia dari William W. Lee Diana L. Owens yang pada tahapannya perlu dilakukan empat tahapan, antara lain (1) analisis dan penilaian, (2) design, (3) implementasi dan pengembangan, dan (4) evaluasi. Multimedia Pembelajaran diujikan kepada ahli media sebanyak 1 orang, ahli materi sebanyak 1 orang, dan 40  peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang sebagai audiens. Uji coba ahli media didapat persentase 85% berdasarkan kriteria hasil kelayakan media  ini termasuk kualifikasi valid, uji coba ahli materi didapat persentase 85% berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran interaktif ini termasuk kualifikasi valid. Uji coba siswa perorangan didapat persentase 86% kesimpulan berdasarkan kriteria kelayakan ini termasuk kualifikasi valid, uji coba siswa kelompok kecil didapat persentase 85% berdasarkan kriteria kelayakan media  ini termasuk kualifikasi valid, uji coba siswa kelompok besar didapat persentase 84% berdasarkan kriteria kelayakan multimedia pembelajaran termasuk dalam kualifikasi valid. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan menulis deskriptif Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses pembelajaran dikelas.

Abstract: At Junior High School 4 Malang, found problems experienced by teachers and students in learning writing that result in low writing skills of students. The lack of activity of students in writing resulted in interest and motivation of students to work on writing assignments to be low. So the writing learning outcomes of students did not reach the maximum value. Development of the media as a learning tool Indonesian in descriptive writing in the eighth grade students of Junior High School 4 Malang. The development of instructional multimedia data using the instrument in the form of questionnaires to a media expert, the expert material, and the audience (students). Development methods used by using multimedia development from William W. LeeDiana L. Owens that needs to be done in stages four stages, including (1) the analysis and assessment, (2) design, (3) the implementation and development, and (4) evaluation. Multimedia Learning tested on media expert by 1 person, 1 person as much matter experts, and 40 Class VIII students of Junior High School 4 Malang as the audience. Media expert trial obtained a percentage 85 % based on the results of eligibility criteria including qualifications valid media, material testing experts obtained a percentage of 85 % based on the eligibility criteria of this interactive learning media including a valid qualification. The trials of individual students obtained 86 % the percentage of conclusions based on the eligibility criteria include a valid qualification, test a small group of students obtained a percentage of 85 % based on the eligibility criteria of this media include a valid qualification, testing a large group of students obtained a percentage of 84 % based on the eligibility criteria including multimedia learning the qualification is valid. Based on the results of the development that has been done, it can be concluded that the Developing of Indonesian Multimedia Learning Descriptive Writing Subject for First Semester of VIII Grade in State Junior High School 4 Malang is valid / feasible to use as a media of learning for the learning process in class.

Keywords


Pengembangan; Multimedia Pembelajaran; Menulis Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Asriyanti, 2008. Pengaruh Media Visual dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Namber Heads Together (NHT) Terhadap hasil belajar Biologi Peserta didik Kelas X . UM. Malang

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Handayani, S. N., Sihkabuden, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif seni tari Jawa Timur pada mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 63-70.

Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.

Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004). Multimedia Based Instructional Design: Secend Edition. San Francisco: Pfeiffer.

Oktaviolina, R. 2001. Wacana Bahasa Indonesia Dalam Rubrik Iklan Jodoh. Skripsi. Malang:Universitas Negeri Malang.

Prasetyo, A. E., Soepriyanto, Y., Ulfa, S., & Toenlioe, A. J. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Interactive Whiteboard Mata Pelajaran Transmisi Manual Motorkelas XII Semester Genap Di SMK Negeri 9 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(1), 205-213.

Wijaya, A. R., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan topik kolonialisme dan imperialisme di indonesia pada mata pelajaran IPS kelas VIII. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1), 38-42.

Yusuf, W. L., & Adi, E. P. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas Iv Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Satrio Ali Rofiq, Dedi Kuswandi, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats