Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sinektik Berbantuan Video Pada Materi Batik Tulis Kelas XI MAN 1 Madiun

Diyah Ayu Entika Qur'ani, Dedi Kuswandi, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran sinektik dan media video pada materi batik tulis kelas XI MAN 1 Madiun. Pengembangan ini menggunakan metode Dick & Carey untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MAN 1 Madiun. Pengambilan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian oleh ahli desain dan media menunjukan, Silabus 97,3%, RPP 89,3%, Modul 88%, LKS 86%, Instrumen evaluasi 92%, video 88% dan ahli materi 94,7%. Hasil validasi menunjukan produk masuk kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.  Hasil uji efektivitas dari data 25 orang diperoleh  94,1% dengan kategori efektif. Sehingga perangkat pembelajaran sinektik dan media efektif untuk digunakan oleh guru dalam pembelajaran.

Abstract: The purpose of this study is to produce synectic learning devices and video media on written material in class XI MAN 1 Madiun. This development uses the Dick & Carey method to develop learning devices. The research subjects were class XI students at MAN 1 Madiun. Data retrieval uses qualitative and quantitative data. Research results by design and media experts showed, Syllabus 97.3%, RPP 89.3%, Module 88%, LKS 86%, Instrument evaluation 92%, video 88% and material experts 94.7%. The validation results show that the product is in a very valid category and is suitable for use in learning. The effectiveness test results from the data of 25 people were obtained 94.1% in the effective category. So that synectic learning devices and media are effective for use by teachers in learning.


Keywords


perangkat pembelajaran; sinektik; media video

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Agustin, Julia, Subarjah. Pengaruh Model Pembelajaran SInektik terhadap Kreativitas siswa pad aMateri menggambar Imajinatif menganai Alam Sekitar. Jurnal Pena Ilmiah. Vo. 2 No. 1. Online, (http://ejournal.upi.edu/index.php /penailmiah/article/download/10114/pdf), diakses 8 Mei 2019

Alamsyah. 2018. Kerajinan Batik dan Pewarnaan alami. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi E-ISSN : 2599-1078. Online (https://ejournal.undip.ac.id/index.php/endogami/article/download/19229/13410) diakses 8 Mei 2019

Ambarwati, W. 2017. Pengembangan Model Sinektik Berbantuan Media Video dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 1 No.1. Online (http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/tarling/article/download/1125/847/) diakses 8 Mei 2018

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Damajanti, I., SIregar, A. T. H. 2015. Analisis Gagasan Seniman Generasi Mileneal Dalam Inklusivitas Seni Rupa Indonesia. Jurnal Bidang Seni Rupa No.1. Online. (https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/198203/MTk4MjAz) di akses 8 mei 2019

Hermawan, A. 2014. Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(1), 14-25. Online (https:// journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15492) diakses 8 Mei 2019

Irawan, Sihkabuden, Sulthoni. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe dan yoghurt. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 3(2). Retrived from http://journal2.um.ac.id/ index.php/jinotep/article/view/2375/1427

Kertih, I. (2015) Perangkat Pembelajaran PPKN Perancanaan dan Pengembangan. Yogyakarta : Media Akademi

Listini. Saraswati. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran SInektik Siswa Kelas VII SMP Sandika

Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra Vol. 1 hlm. 24-47. Online. (http://jurnal.um-palembang.ac.id/bisastr a/article/download/664/599), diakses 8 Mei 2019

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Muslimin, M. I. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. VI No. 1. Online. (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/download/6106/5823) diakses 8 Mei 2019

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Parmono, K. 2013. Nilai Kearifan Lokal dalam Batik Tradisional kawung. Jurnal Filsafat Vol. 23, No. 2. Online (https://jurnal.ugm. ac.id/wisdom/article/download/13217/9459), diakses 8 Mei 2019

Rosala, D. 2016. Pembelajaran Seni budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam upaya membangun karakter siswa di Sekolah. Jurnal Seni dan Desain Vol. 2 No. 1. Online (http://ejournal.upi.edu/index.php /ritme/article/download/5078/3539) diakses 8 Mei 2019

Rosyid, A. 2016. Pelatihan Pengembangan Silabus dan RPP Kurikulum KTSP bagi Guru di Yayasan Perguruan Birrul Waalidain. Jurnal Pendidikan Vo. 3 No. 1. Online (https://digilib.esaunggul.ac.id /public/UEU-Journal-8711-11_030116 _ROS.pdf) diakses 8 Mei 2019

Sadiman. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Tung, K. Y. (2017). Desain Instruksional Perbandingan Model dan Implementasinya. Yogyakarta : Andi Publisher

Utomo, A. Y., Ratnawati, D. 2018. Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi Vol. 6, No.1 Hal. 68-76. Online (http://jurnal.ustjogja.ac.id/ index.php/tamanvokasi), diakses 8 Mei 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12019p051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Diyah Ayu Entika Qur'ani, Dedi Kuswandi, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ensu@gapp.nthu.edu.tw (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats