Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi Dengan Simulasi Untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia Pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI

Gian Perdana Saka Iswara, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Pemahaman siswa pada konsep larutan penyangga belum sepenuhnya tercapai secara maksimal dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahinya. Kesulitan siswa tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam tiga level representatif yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Memahami materi Kimia secara utuh dibutuhkan media yang mampu menyampaikan materi Kimia dalam tiga level representatif tersebut dalam bentuk multimedia interaktif yang dilengkapi dengan simulasi. Tujuan penelitian ini menghasilkan multimedia interaktif dilengkapi dengan simulasi untuk memvisualisasikan reaksi Kimia pada materi larutan penyangga yang layak, praktis, menarik serta menguji keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini memperoleh hasil dari ahli media 98%, ahli materi 97,7%, uji coba kelompok kecil 86,4%, uji coba kelompok besar 85,3%. Pada uji efektivitas, siswa memperoleh rata-rata nilai gain yaitu sebesar 0,60 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia interaktif dilengkapi dengan simulasi untuk memvisualisasikan reaksi Kimia pada materi larutan penyangga dinyatakan valid, layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

Abstract: Students’ understanding on buffer solution material has not fully achieved and many students still have difficulties to understand it. Students’ difficulties on dealing with this topic due to students’ lack understanding on three representative levels, which are macroscopic, submicroscopic, and symbolic. To understand chemical material as a whole, the media is needed to be able to deliver chemical material in the three representative levels in the form of interactive multimedia equipped with simulations. The purpose of the study is to create interactive multimedia which are interesting, practical, and properly applicable in teaching and learning activities, also to test the effectiveness of the developed interactive multimedia. The study uses 4-D research and development model designed by Thiagarajan. This study obtained results from media experts 98%, material experts 97.7%, small group trials 86.4%, large group trials 85.3%. In the effectiveness test, students obtain an average gain value that is equal to 0.60 with category  quite effective. Based on these results, interactive multimedia is equipped with simulations to visualize chemical reactions in buffer solution material is valid, properly applicable and quite effective to use in learning


Keywords


multimedia interaktif; simulasi; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References


Admaja, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 5, pp. 63–68. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p063

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

Arinda, F. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 2, pp. 302–306. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p302

Deubel, P. (2003). An investigation of behaviorist and cognitive approaches to instructional multimedia design. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 12(1), 63–90.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 2, pp. 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Ezeudu, F. O., & Ezinwanne, O. P. (2013). Effect of simulation on students’ achievement in senior secondary school chemistry in Enugu East Local Government Area of Enugu State, Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(19), 84–89.

Fauzi, M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Swa-Atur Dengan Discovery Learning dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kimia. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 4, pp. 56–66. https://doi.org/10.17977/um039v4i12019p056

Fitria, D., & Andriesgo, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).

Gunawan, G., Setiawan, A., & ... (2014). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan keterampilan generik sains calon guru. Jurnal Pendidikan Dan …. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3867

Hartati, T. (2017). Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/4873

Hastuti, E. P., & Soenarto, S. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran teori musik kelas X SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 5, pp. 129–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15292

Hernawan, A. H., Zaman, B., & Riyana, C. (2007). Media pembelajaran sekolah dasar. UPI Press. Bandung.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.

Jumadil, J., Gonggo, S. T., & Rahmawati, S. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Multimedia pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Smk Negeri Parigi Selatan. Jurnal Akademika Kimia, 2(1), 39–46.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. Jakarta.

Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K-Means Clustering of Student Perceptions on Project-Based Learning Model Application. 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET), 9–12. IEEE.

Linda, R., Erviyenni, E., Noer, A. M., Oktavianti, N., & Sellyna, N. (2016). Development of Lectora Inspire as Interactive Multimedia Chemistry Learning in Senior High School. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 1196–1888.

Lo, C.-M., & Tang, K.-Y. (2018). Blended Learning with Multimedia e-Learning in Organic Chemistry Course. 2018 International Symposium on Educational Technology (ISET), 23–25. IEEE.

Mahdi, J. G. (2014). Student Attitudes toward Chemistry: an Experiment of Choices and Preferences. Amerika Journal of Education Research, 2(6), 351-356.

Mashami, R. A., Andayani, Y., & Gunawan, G. (2014). Pengaruh Media Animasi Submikroskopik Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(1), 149–152.

May, M. (n.d.). Feature-Based Multimedia Semantics. Digital Multimedia Perception and Design. https://doi.org/10.4018/9781591408604.ch003

Mayer, R. E. (n.d.). Principles Based on Social Cues in Multimedia Learning: Personalization, Voice, Image, and Embodiment Principles. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, pp. 345–368. https://doi.org/10.1017/cbo9781139547369.017

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368.

Mayer, R., & Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.

Mayer, S., Ciortea, A., Ricci, A., Robles, M. I., Kovatsch, M., & Croatti, A. (2018). Hypermedia to connect them all: Autonomous hypermedia agents and socio‐technical interactions. Internet Technology Letters, 1(4), e50.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999). Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358.

Mufdalifah, M. (2017). Personalized Learning dan Multimedia Berbasis Komputer Masih Perlukah Guru? JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, pp. 50–57. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p050

Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 3, p. 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359

Ningsih, T., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Sistem Pembelajaran Blended Terhadap Higher Order Thinking Skills. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 4, pp. 88–94. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p088

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5770

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6911

Putri, G. A., & Zainul, R. (2018). Development Of Periodic Table Interactive Instructional Multimedia In Chemistry Lesson For Xth Grade SMA/MA.

Rizal, S., Toenlioe, A., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas Dan Zina Untuk Kelas X Sman 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 6, pp. 1–7. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p001

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 4, pp. 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Setiawan, M. A., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). The Effect of Interactive Multimedia to Student’s Learning Outcomes in Organic Chemistry I Courses. Research Report, (2).

Setyanti, D., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Penerapan Model Peer Authentic Assessment Untuk Melatih Critical Thinking Skill Mahasiswa Angkatan Tahun 2016 Pada Mata Kuliah Manajemen Program Diklat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, pp. 121–130. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p121

Sihabudin, S. (2018). Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam Pada Mahasiswa Yang Memiliki Locus Of Control Berbeda. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 3, pp. 72–89. https://doi.org/10.17977/um031v3i12016p072

Siyamta, S. (2017). Strategi Blended Learning Flex Model Pada Pembelajaran Administrasi Jaringan Komputer Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, pp. 122–130. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p122

Sulistyowati, T., & Poedjiastoeti, S. (2013). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intertekstual Pada Materi Reaksi Kimia Untuk Kelas X Sma (Feasibility Of Interactive Multimedia Based On Intertextuality In Chemical Reaction Material For X-Grade Senior High School). Unesa Journal of Chemical Education, 2(3).

Surahman, E. (2017). Engaged Authentic Assessment (Eaa) Berbasis Self and Peer Assesment (Spa) Sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Abad 21. Grafika Indah, I, 69–81.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Students’ Perception of Project-Based Learning Model in Blended Learning Mode Using Sipejar. International Conference on Education Technology (ICoET 2019). Atlantis Press.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Susilo, O. S., Degeng, N. S., & ... (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Kelas V Sd Pokok Bahasan Organ Tubuh Manusia Dan Hewan. Edcomtech Jurnal Kajian …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2087

Talanquer, V. (2011). Macro, submicro, and symbolic: the many faces of the chemistry “triplet.” International Journal of Science Education, 33(2), 179–195.

Trianto, M. P. (2010a). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia.

Trianto, M. P. (2010b). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulva, Y. I., Santosa, S., & Parlan, P. (2017). Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Larutan Penyangga Aspek Makroskopik, Submikroskopik, Dan Simbolik Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 69–75.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran DI Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852

Wijaya, I., & Sefriani, R. (2016). Interactive Multimedia CD Design Chemistry Lesson In Concept Training Material and amendment For Class X Vocational High School (SMK). JOURNAL OF DYNAMICS (International Journal of Dynamics in Engineering and Sciences), 1(1).

Yusuf, M. F., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Atmosfer Bumi Kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Edcomtech Jurnal Kajian …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2075




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gian Perdana Saka Iswara, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats