Pengembangan Multimedia Tutorial sebagai Suplemen pada Mata Pelajaran Kimia Materi Asam dan Basa Kelas XI

Dyas Nurika Prastiwi, Punaji Setyosari, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran tambahan (suplemen) yang menarik perhatian, mampu meningkatkan antusiasme peserta didik, mengoptimalkan pembelajaran, serta dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia tutorial yang layak sebagai suplemen pada mata pelajaran Kimia materi Asam dan Basa kelas XI. Pengembang memilih model penelitian dan pengembangan William W.Lee dan Diana L.Owens yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain multimedia, pengembangan multimedia, implementasi multimedia dan evaluasi multimedia. Berdasarkan hasil validasi multimedia tutorial sebagai suplemen oleh ahli media didapatkan persentase sebesar 95,78%, ahli materi 83,52%, guru 85,88%, serta uji coba kelompok kecil 84,47% dan uji coba kelompok besar 85,58%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia tutorial sebagai suplemen pada mata pelajaran Kimia materi Asam dan Basa kelas XI SMA sangat layak digunakan.

Abstract: Teacher and students need learning media as a supplement that can attract attention, rising enthusiasm of students, optimize learning, and help them to achieve learning goals. The purpose of this research and development is to produce a product of multimedia tutorial as a proper and valid supplement used in Chemistry subject Acid and Bases material for class XI. The developer chooses the research and development model William W. Lee and Diana L. Owens which consists of the needs analysis, multimedia design, multimedia development, multimedia implementation and multimedia evaluation stages. Based on the results of the multimedia tutorial validation as a supplement by media experts, there was a percentage of 95.78%, 83.52% from material experts, 85.88% from teachers, also 84.47% and 85.58% from trial test of students. It can be concluded that multimedia tutorials as a supplement in the Chemistry subject, Acid class Base material of XI SMA are very suitable to use.


Keywords


multimedia tutorial; suplemen; kimia; asam dan basa

Full Text:

PDF

References


Admaja, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Untuk Guru Dalam Mengembangkan Software Tes Berbasis Komputer. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 5, pp. 63–68. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p063

Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & ... (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk Smk Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6916

Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian edisi baru. Jakarta: Rieneka Cipta. Bandung: Alfabeta. Hlm, 306.

Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bralić, A., & Divjak, B. (2018). Integrating MOOCs in traditionally taught courses: achieving learning outcomes with blended learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0085-7

Hakim, T. (2005). Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, dan Menentukan Cita–cita; Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185–194.

Hartati, T. (2017). Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/4873

Hofstetter, F. T. (2001). Multimedia literacy. McGraw-Hill, Inc.

Indriana, S. (2017). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP. SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Jamhari, I., Susilaningsih, S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3d Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 4, pp. 76–81. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 87 tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pasal 1. Kelembagaan Ristekdikti. Retrieved from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/11/permen_tahun2013_nomor87.pdf

Khoerunisa, M., Maknun, D., & Mulyani, A. (2014). Pembelajaran Bioteknologi berbasis Multimedia Tutorial untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa kelas IX di SMPN 8 Kota Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 55–70.

Lai, S.-L. (2000). Influence of audio-visual presentations on learning abstract concepts. International Journal of Instructional Media, 27(2), 199.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368.

Mayer, R., & Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.

Mezirow, J. (1997). Transformative learning: Theory to practice. New Directions for Adult and Continuing Education, 1997(74), 5–12.

Mohsen, M. A. (2016). The use of help options in multimedia listening environments to aid language learning: a review. British Journal of Educational Technology, 47(6), 1232–1242.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). A learner-centered approach to multimedia explanations: Deriving instructional design principles from cognitive theory. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 2(2), 12–20.

Mouzakis, C. (2008). Teachers’ perceptions of the effectiveness of a blended learning approach for ICT teacher training. Journal of Technology and Teacher Education, 16(4), 461–482.

Permatasari, K., Degeng, I. N. S., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/268

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Pujiantoro, W. (2011). Pengembangan media tutorial berbasis multimedia interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII semester II di smp negeri 1 Mojosari. SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Rohmawati, T. (n.d.). THE Effectiveness Of Teaching Performance Assessment (PKG) Program Online Report Via Website at Tangerang City Education …. EDUTECH. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/4871

Rosyida, F., & Adi, K. R. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Program Autoplay untuk Guru-Guru SMPN 2 Balen Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 21–29.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective sixth edition. Pearson.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, pp. 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sunarya, P. A., Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (n.d.). Implementasi Gamifikasi Sebagai Manajemen Pendidikan Untuk Motivasi Pembelajaran. EDUTECH. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/14697

Surahman, Ence; Soepriyanto, Yerry; Sulthoni; Setyosari, P. (2019). Model Peer Collaborative Authentic Assessment (PECOLASE). Indonesia: 000139977.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (IMOLES) sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Tuerah, R. M. S. (2017). Penguasaan Materi Pembelajaran, Manajemen Dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru Sd Di Kota Tomohon. … Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2120

Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7628

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). PENGEMBANGAN Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum …. Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7370

Wijaya, A. R., Kuswandi, D., & ... (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Topik Kolonialisme Dan Imperialisme Di Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. JINOTEP (Jurnal Inovasi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6904

Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dyas Nurika Prastiwi, Punaji Setyosari, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats