Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media video animasi motion graphics pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi benda tunggal dan campuran kelas V di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Model yang digunakan dalam peneletian ini adalah model Borg and Gall dengan melalui 7 tahapan penelitian yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 87,5%, ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 83,3%. Sedangkan hasil uji coba pada siswa kelas V di SDN Pandanrejo 1 yaitu uji coba perorangan diperoleh 100%, uji coba kelompok kecil 97%, dan uji coba kelompok besar sebesar 97,3%. Selain itu berdasarkan tes hasil belajar siswa, jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai tingkat persentase 81,39%. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi motion graphics pembelajaran ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Abstract: The research aimed to produce a learning motion graphics animation video media on single objects and mixture for fifth grade at Pandanrejo 1 elementary school, Malang regency. Research and development model is Borg and Gall by using seven steps development, i.e. research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, operational field testing, operational product revision, main field testing, and main product revision. The results of the validation by media experts obtained overall results of 87.5%, material experts obtained an overall result of 83.3%. While the results of trials on students, which are individual trials were obtained 100%, small-group trials 97%, and large-group trials obtained 97.3%. Morover based on student learning outcomes, the number of students who reached the minimum graduation criteria obtained 81.39%. The conclusions of this research is the product was valid and feasible to use in the learning process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen Moore, W., & Russell Smith, A. (2012). Effects of video podcasting on psychomotor and cognitive performance, attitudes and study behaviour of student physical therapists. Innovations in education and teaching international, 49(4), 401-414.
Asyar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaun Persada Press.
Arshad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching & Learning, 5(1). 1-21.
BSNP. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Dirjen.
Cardoso, D. C., Arent, C. O., & Cristiano, M. P. (2009). Development of new didactic materials for teaching science and biology: the importance of the new education practices. Biological Sciences, 9(1), 1–5.
Dash, S., Kamath, U., Rao, G., Prakash, J., & Mishra, S. (2016). Audio–visual aid in teaching “fatty liver”. Biochemistry and Molecular Biology Education, 44(3), 241-245.
Harrison, H. L., & Hummell, L. J. (2010). Incorporating animation concepts and principles in STEM education. Technology Teacher, 69(8), 20–25.
Hsin, W. J., & Cigas, J. (2013). Short videos improve student learning in online education. Journal of Computing Sciences in Colleges, 28(5), 253-259.
Humairah M., Syafwan, & Trinanda, R. (2015). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Tentang Prilaku Menyimpang Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender (Lgbt) Pada Masyarakat. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(2). 1-14.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2). 119-125.
Marzoan, M. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 81-90.
Paik, E. S., & Schraw, G. (2013). Learning with animation and illusions of understanding. Journal of Educational Psychology, 105(2), 278–289.
Putri, N. (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan
Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Eko, R. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.
Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development of media-based learning animation for mathematics courses in Electrical Engineering, University Riau Kepulauan. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 3(10), 8332–8336.
Sari, M. E. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Indonesia Zaman Praaksara Di Sma Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1). 1-4.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Stockwell, B. R., Stockwell, M. S., Cennamo, M., & Jiang, E. (2015). Blended learning improves science education. Cell, 162(5), 933-936.
Umam, N. C. (2016). Perancangan Motion Graphic Pengenalan Batik Gemawang Khas Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation) Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.
Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
Yamin, M. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in senior high school. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 254-257.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yudha Aldila Efendi, Eka Pramono Adi, Sulthoni Sulthoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)