Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar

Andi Pratama, Saida Ulfa, Henry Praherdhiono

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media video pembelajaran yang valid dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelirian dan pengembangan. Berdasarkan uji coba validasi yang dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, dan siswa dapat disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan termasuk kategori valid. Selain itu berdasarkan tes belajar terhadap siswa dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori efektif. Sehingga media video pembelajaranyang telah dikembangkan ini dikategorikan valid dan efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Abstract: The purpose of this development research is to develop a valid and effective learning video media for use in learning activities. This study used research and development model. Based on the validation tests conducted on media experts, material experts, and students, it can be concluded that the video media that has been developed includes a valid category. In addition, based on learning tests on students, it can be concluded that the media developed includes effective categories. So that the learning video media that has been developed is categorized as valid and effective to be used in learning activities.


Keywords


Pengembangan; Video; Reog Ponorogo; Exstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.

Achmadi, A. (2012). Reog Ponorogo Dalam Tinjauan Aksiologi Relevansinya Dengan Pembangunan Karakter Bangsa. Text.

Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250–262.

Baharuddin, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif dan Efisiensi Pembelajaran. … Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2118

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Darojat, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VIII SMP. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 2, pp. 297–301. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p297

Gunawan, I., & Sulistyoningrum, R. T. (2016). Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01).

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif pada Anak Menurut Jean Piaget. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Koranyi, J. (1984). Video in Language Teaching. Educational Media International, 21(1), 11–14. https://doi.org/10.1080/09523988408548785

Krismawati, N. U., Warto, W., & Suryani, N. (2018). Eksistensi Warok Dan Gemblak di tengah Masyarakat Muslim Ponorogo Tahun 1960-1980. Religió: Jurnal Studi Agama-Agama, 8(1), 116–138.

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Kurniawati, B. D. (2017). Ekstrakulikuler Reog dalam Menumbuhkan Kecintaan Kesenian Reog pada Siswa di Ponorogo.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358–368.

Mayer, R., & Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge university press.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (1999). Cognitive principles of multimedia learning: The role of modality and contiguity. Journal of Educational Psychology, 91(2), 358.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-Ta’dib, 6(1), 89–99.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung persada press.

Nawawi, N., Degeng, N., & Cholid, A. (2019). Development of Video Media to Increase Dribbling Learning Result in A Sport Games. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 4, pp. 83–88. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p083

Nurdiansyah, W. E. (2016). Strategi Sekolah Dalam Menumbuhkan Kecintaan Kesenian Reog Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Ponorogo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4).

Piaget, J. (1964). Part I: Cognitive development in children: Piaget development and learning. Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176–186.

Piaget, J. (2003). Part I: Cognitive Development in Children--Piaget Development and Learning. Journal of Research in Science Teaching, 40.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Prasetiyo, T., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, Vol. 4, pp. 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037

Purnani, S. T., & Andianto, M. R. (n.d.). Mitos Asal-Usul Tarian Reog Ponorogo dan Pemanfaatannya Sebagai.

Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3ai Upi.

Rokhim, N. (2013). Makna Simbolik Tari Reyog Gembluk Tulungagung. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(2).

Sadiman, A. (2010). Media pendidikan. Rajawali Pers.

Shuldman, M., & Tajik, M. (2010). The role of media/video production in non‐media disciplines: the case of health promotion. Learning, Media and Technology, 35(3), 357–362. https://doi.org/10.1080/17439884.2010.508991

Sihkabuden, S. P. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Press.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Ulyana, A., Abidin, Z., & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas VII. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 81–86.

Wardani, N. E., Kurwidaria, F., Wijayanti, K. D., Said, D. P., Saddhono, K., & Wulan, D. R. R. (2019). Folklore Reog Ponorogo: Study on Value of Education for the Community.

Wulansari, B. Y., & Utami, P. S. (2020). Wayang Golek Reog Ponorogo: The Acculturation of Indonesian Culture As Patriotism Character Education Learning Medium to Early Age Children. KnE Social Sciences.

Yahya, A. D. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 97–104.

Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andi Pratama, Saida Ulfa, Henry Praherdhiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats