Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya
Abstract
Abstrak: Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk Multimedia Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya yang valid dan efektif. Pengembangan ini telah melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi sesuai dengan model pengembangan. Validasi produk dilakukan kepada ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba adalah siswa kelas VIII di SMP. Berdasarkan uji coba validasi yang dilakukan pada ahli media, tingkat validitas media yaitu 97,5%. Sedangkan ahli materi menilai tingkat validitas materi 95%, dan tingkat validitas dari siswa 82,625% maka disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid. Kemudian berdasarkan ttes hasil belajar dari 31 siswa kelas VIII, 87% siswa mendapat nilai diatas standar yang ditentukan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif. Sehingga multimedia interaktif yang telah dikembangkan ini dikategorikan valid dan efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Abstract: The purpose of this development is to produce Interactive Multimedia Products Based on Android Science Subjects of Light Material which is valid and effective. This development has gone through several stages, namely the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation in accordance with the development model. Product validation is carried out to media experts and material experts. The target of the trial was midle school students. Based on the validation trials conducted on media experts, the level of media validity is 97.5%. While material experts assess the level of material validity 95%, and the level of validity of students 82,625%, it can be concluded that interactive multimedia that has been developed is included in the valid category. Then based on the test of learning outcomes of 31 grade VIII students, 87% of students got a score above the specified standard. So from that it can be concluded that the interactive multimedia developed is included in the effective category. So that the interactive multimedia that has been developed is categorized as valid and effective to be used in learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Darojat, Achmad. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP) Vol 2(2) (2016) 297-301.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Elmunsyah, H., Hidayat, W. N., Ulfa, S., Surahman, E., & Wakhidah, R. (2020, January). Measuring user experience on personalized online training system to support online learning. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 732, No. 1, p. 012115). IOP Publishing.
Fatoni, Ahmad., Fahmi Yahya, & Sri Nurul W. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Berbasis Android Flash Materi Cahaya Siswa SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional 2016, Universitas Samawa. Nusa Tenggara Barat
Handayani, Sari N., Sihkabuden, Henry Praherdiono. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII Di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP) Vol 1(1) 2018 63-70.
Husein, Sadam., Lovy Herayanti, & Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1 (2) (2015).
Lee, W.W., & Owens,sad D.L. 2004. Multimedia Based Insteuctioanal Design: Second Edition. San Francisco: Pfeiffer
Madinah, U., Abdurrahman, Nengah Maharta. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Cahaya.
Novianto, Lukman A., I Nyoman Sudana Degeng, & Agus Wedi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP) Vol 1(3) 2018 257-263.
Rorita, Merra., Saida Ulfa, & Agus Wedi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) 4(1) (2018).
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Gelora Aksara
Setyosari, Punaji. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) 1(1)(2014).
Silviarista, M., Punaji Setyosari, & Sihkabuden. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) 4(1)(2017).
Smaldino, Sharon. E, dkk. 2012. Instructional Technology and Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana
Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogaykarta: PT Pustaka Intan Madani
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37.
Surahman, E., Kuswandi, D., Wedi, A., Thaariq, Z. Z. A., & Diana, R. C. (2019, December). Model Design of Adaptive Learning Analytics Management System (ALAMS) Using AID Model. In the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019). Atlantis Press.
Susanto, Novi Ratna D., & Andin Irsadi. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya Untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal (USEJ) 2(1)(2013).
Ulfa, S., Fattawi, I., Surahman, E., & Yusuke, H. (2019, October). Investigating Learners' Perception of Learning Analytics Dashboard to Improve Learning Interaction in Online Learning System. In 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 49-54). IEEE.
Viana, Desma. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMP/MTs. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Zulham M., & D. Sulisworo. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Konstektual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7 (2016) 132-141.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ian Bimasta Pradana, Punaji Setyosari, Sulthoni Sulthoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
======================================================================
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.
Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id
======================================================================
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)