Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar

Sulung Yanuar Anugerah, Saida Ulfa, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil dari pengembangan video pembelajaran ini adalah sebuah video pembelajaran BISINDO.Tujuan pembelajaran BISINDO pada SLB sama seperti sekolah umum begitu juga dengan ruang lingkup materi yang dipelajari. Perbedaannya hanya pada sub bab materi SLB yang lebih sederhana dibandingkan dengan sekolah umum. Mengingat latar belakang SLB adalah anak berkebutuhan khusus, dalam proses pembelajarannya memerlukan bantuan karena adanya keterbatasan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menghasilkan,mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap video pembelajaran bisindo. Hasil pengujian menunjukkan video pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan rancangan awal yang telah dibuat dan direncanakan.

Abstract: The development of this learning video uses research and development methods. The result of the development of this learning video is a learning video for BISINDO. The learning objectives of BISINDO in SLB are the same as public schools as well as the scope of the material being studied. The difference is only in the sub-section of SLB material which is simpler compared to public schools. Given the background of SLB is a child with special needs, in the learning process requires help because of the limitations they have. The purpose of this research is to produce, find out the feasibility and response of students to bisindo learning videos. The test results show the learning video has run in accordance with the initial design that has been made and planned.


Keywords


Pengembangan Video; Tunarungu; Bahasa Isyarat Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Amaliyah, L., Irwansyah, F. S., Windayani, N., & Ramdhani, M. A. (2018). Design of Android Interactive Multimedia for the Concept of Aromatic Compound. MATEC Web of Conferences, 197, 16004. EDP Sciences.

Anggraeni, M., Sarinastiti, W., & Wati, S. (2019). Indonesian Sign Language (SIBI) Vocabulary Learning Media Design Based on Augmented Reality for Hearing-Impaired Children. Jurnal EECCIS, 13(3), 139–144.

Arnez, G. (2016). Efektivitas Teknik Fading dan Prompting untuk Meningkatkan Kosakata Fungsional Anak dengan Gangguan Spektrum Autis di Kelas 1 SDLB Putra Jaya Malang. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Effendi, D., Hardiyana, B., & Gustiana, I. (2016). Perancangan Program Aplikasi Pembelajaran Ipa Materi Sistem Pernapasan Berbasis Multimedia Untuk Siswa Sdlb Bagian B Tuna Rungu Menggunakan Object Oriented Approach. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 605–618.

Effendy, P. A., Sihkabuden, S., & Husna, A. (2019). Penerapan Kurikulum 2013 di SDLBK Bhakti Luhur Malang pada Kelas B (Tunarungu). Jurnal Kajian Teknologi …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4546

Gall, M D. (1989). Gall. JP, & Borg, WR (2007). Educational Research: An Introduction, 8.

Gall, Meredith Damien, Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185–194.

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., & Hsu, R.-L. (2006). Development and evaluation of multimedia whiteboard system for improving mathematical problem solving. Computers & Education, 46(2), 105–121. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.05.005

Kautsar, I., Borman, R. I., & Sulistyawati, A. (2015). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android Dengan Metode BISINDO. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4.

Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85–139). Elsevier.

Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, 3148.

Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151–166.

Mufdalifah, M. (2017). Personalized Learning Dan Multimedia Berbasis Komputer Masih Perlukah Guru. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, pp. 50–57. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p050

Parmawati, S. B., Prasetyawati, W., & Prianto, R. M. A. (2017). Efektivitas pendekatan modifikasi perilaku dengan teknik Fading dan token economy dalam meningkatkan kosakata siswa tuna rungu prelingual profound. Psibernetika, 8(1).

Pradana, N., & Ikom, S. (2015). Strategi Komunikasi Antar Anggota Dalam Kelompok Penyandang Tunarungu (Studi Kualitatif Deskriptif Komunikasi Verbal-Nonverbal Antar Pribadi Pada Anggota Tunarungu di Malang). Universitas Brawijaya: Jurusan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., … Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Prasetya, Y. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Struktur Kata Melalui Penggunaan Media Teka Teki Silang Bagi Siswa Tunarungu Sekolah Dasar 1 Di SLB BC Bhakti Putera Bahagia Klaten. Widia Ortodidaktika, 5(1), 83–92.

Pratama, A. A., Rakun, E., & Hardianto, D. (2019). Human Skeleton Feature Extraction from 2-Dimensional Video of Indonesian Language Sign System (SIBI [Sistem Isyarat Bahasa Indonesia]) Gestures. Proceedings of the 2019 5th International Conference on Computing and Artificial Intelligence, 100–105.

Purwoko, B., & Masitoh, S. (2018). Permainan Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).

Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(2), 81–91.

Rofiandaru, M. (2013). Sistem Pembelajaran Bahasa Isyarat (SIBI) Menggunakan Metode Komunikasi Total Untuk Penyandang Tunarungu Di SLBN Semarang. Tersedia: Http://Eprints. Dinus. Ac. Id/12344/1/Jurnal_12272. Pdf.

Setyawan, O. G. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV. Jurnal Ortopedagogia, 1(4), 289–295.

Somantri, S. (2012). Psikologi anak luar biasa,(cetakan ke 4). Bandung: Refika Aditama.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

UUD. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Jenderal MPR RI.

Wasita, A. (2012). Seluk-Beluk Tunarungu dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Yuniati, Y. (2013). Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penderita Tunarungu Wicara. Jurnal Generic, 6(1), 29–32.

Zakia, D. L., Sunardi, S., & Yamtinah, S. (2016). Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22020p076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sulung Yanuar Anugerah, Saida Ulfa, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

        

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:

Jl. Semarang No.5 Gedung E2 301
Laboratorium Teknologi Pendidikan, FIP UM

Universitas Negeri Malang, Malang Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: ensu@gapp.nthu.edu.tw (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats