Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu

Dian Pradana, Zainul Abidin, Eka Pramono Adi

Abstract


Abstrak: Setiap anak berhak mendapat pendidikan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan atau yang sering disebut dengan istilah difabel. Pengembangan video animasi pembelajaran untuk siswa tunarungu bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan video animasi dan respon siswa tunarungu terhadap video animasi pembelajaran pembentukan karakter. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sadiman. Hasil dari pengembangan ini adalah sebuah video animasi pembelajaran pembentukan karakter. Penelitian ini memperoleh hasil dari ahli media 94%, ahli materi 92%, uji coba kelompok besar 91%. Berdasarkan hasil tersebut, video animasi pembelajaran  pada materi pembentukan karakter dinyatakan valid, layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian video animasi dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran.

Abstract: Every child has the right to get an education to develop the potential that exists in him, not least for those who have differences in abilities or often referred to as diffables. Development of learning animation videos for deaf students aims to produce, to know the feasibility of animated videos and the response of deaf students to animated character formation learning videos. In this study using research methods and development of Sadiman. The result of this development is an animation video for character building learning. This study obtained results from media experts 94%, material experts 92%, large group trials 91%. Based on these results, learning animation videos on character building material were declared valid, feasible and quite effective to be used in learning. Thus, animated videos can be used for learning needs.


Keywords


Pengembangan Video; Tunarungu; Pembentukan karakter

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I. dan Darmawan, D. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.

Arief, S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, pp. 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Artawan. (2010). Media Animasi. Jakarta: Yrama Widya.

Asriani, F., & Susilawati, H. (2010). Pengenalan Isyarat Tangan Statis pada Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Perambatan Balik. Makara Journal of Technology, 14(2).

Efendi, M. (2017). Studi Multikasus: Epidemi Perilaku Merorok di Kalangan Remaja dan Implikasinya dalam Pendidikan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 69–82.

Efendi, Mohammad. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42.

Istiqomatunnisa, N., & Kuswandi, D., A. J. E. T. (2018). Aplikasi Android Al-Amtsal (Kisah Teladan) Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Kisah Al-Quran dengan Cerita Animasi Bagi Anak Generasi Alfa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 35–42.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120.

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas xi ipa 4 sman 6 surakarta tahun pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.

Muslimin, M. I. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(1), 26–34.

Muzakki, M., Efendi, M., & Manan, A. (2017). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Pokok Bahasan Gaya Pada Matapelajaran IPA Kelas IV SD. Edcomtech Jurnal Kajian …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1802

Nurhayati, S., Harun, A. I., & Lestari, I. (2014). Pengaruh video-animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Pontianak pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Panje, M., Sihkabuden, S., & Toenlioe, A. J. E. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1473–1478.

Permatasari, K., Degeng, I. N. S., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277.

Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(2), 81–91.

Rozie, F. (2014). Development of Recycling Water Media Video Learning to Improve Processes and Learning Outcomes IPA Elementary Students. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 413–424.

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.

Setyaningrum, A., & Wiyatmo, Y. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Sibi Pada Materi Getaran Dan Gelombang Sebagai Media Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Peserta Didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 38–45.

Somantri, S. (2012). Psikologi anak luar biasa,(cetakan ke 4). Bandung: Refika Aditama.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Wasita, A. (2012). Seluk-Beluk Tunarungu dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera.

Winarsih, M. (2007). Intervensi dini bagi anak tunarungu dalam pemerolehan bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dian Pradana, Zainul Abidin, Eka Pramono Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats