Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu

Denissa Alfiany Luhulima, Nyoman Sudana Degeng, Saida Ulfa

Abstract


Abstrak: Sekolah Minggu merupakan pendidikan non formal untuk anak usia 1-15 tahun yang beragama Kristen.Gereja Protestan Maluku (GPM) merupakan salah satu gereja yang menyelenggarakan Sekolah Minggu. Tujuan sekolah minggu GPM adalah pembentukan karakter anak-anak GPM yang sesuai dengan karakter Yesus Kristus Tuhan yang tertulis di dalam Alkitab. Namun dalam memahami alkitab untuk anak – anak terkadang masih sulit, karena ada beberapa gaya bahasa, pemikiran – pemikiran yang cukup sulit untuk dimengerti oleh anak – anak, sehingga untuk mengajak anak anak memahami alkitab salah satu cara yaitu mengadakan kegiataan yang menarik dengan bantuan media yang menarik juga. Pengembangan video pembelajaran dilakukan dengan tujuan dapat membantu anak – anak sekolah minggu dalam memahami firman Tuhan dan dapat membantu para pengajar sekolah minggu dalam menyampaikan materi sekolah minggu sehingga tujuan sekolah minggu GPM bisa tercapai. Pengembangan video pembelajaran khusus kepada jenjang anak kecil 3 (usia 9 tahun ), sehingga pengembangan video pembelajaran ini berbasis animasi, agar menambah daya tarik. Animasi merupakan sekumpulan gambar yang disusun secara berurutan untuk menghasilkan sebuah pergerakan yang telah ditentukan. Hasil uji validasi dari ahli materi, ahli media, ahli desain diperoleh hasil yaitu video pembelajaran ini sangat baik dan sangat layak digunakan untu proses pembelajaran di sekolah minggu. Berdasarkan hasil uji lapangan juga terhadap video pembelajaran ini, bahwa video pembelajaran ini sangat membantu anak – anak sekolah minggu dalam memahami materi yang diajarkan khususnya, materi karakter mengampuni.

Abstract: Sunday School is a non-formal education for children aged 1-15 years who are Christians. The Maluku Protestant Church (GPM) is one of the churches that hold Sunday Schools. The aim of the GPM Sunday School is to shape the character of GPM children in accordance with the character of Jesus Christ God written in the Bible. But in understanding the Bible for children sometimes it is still difficult because there are several styles of language, thoughts - thoughts that are quite difficult for children to understand, so to invite children to understand the Bible one way is to hold interesting activities with the help of media interesting too. The development of learning videos was carried out with the aim of helping Sunday school children to understand the word of God and to be able to assist Sunday school teachers in delivering Sunday school material so that the GPM Sunday school goals could be achieved. Development of special learning videos to the level of small children 3 (age 9 years), so that the development of this learning video is based on animation, in order to increase attractiveness. The animation is a set of images arranged in sequence to produce a predetermined movement. The results of the validation test from material experts, media experts, design experts obtained results, namely this learning video is very good and very feasible to use for the learning process in Sunday school. Based on the results of the field test also on this learning video, that this learning video is very helpful for Sunday school children in understanding the material taught in particular, the material of forgiving characters.


Keywords


video pembelajaran; animasi; sekolah minggu; learning videos; animation; Sunday school

Full Text:

PDF

References


Degeng, I N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasisfikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Isminiati, C. 2010. Pengembangan dan Pemanfaatan Media Video Instruksional Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Khusus 2012, (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Christina%20Ismaniati,%20M.Pd./Pengembangan%20dan%20pemanfaatan%20media%20video%20instruksional%20untuk%20meningkatkan%20kualitas%20pembelajaran.pdf), diakses 26 Oktober 2016.

Laheba, N. 2007. Guruku Sahabatku: Panduan Mengajar Kreatif Untuk Guru Sekolah Minggu. Yogyakarta: Andi.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Riduwan, M. 2012. Dasar – Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Rusman, K.D. & Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumiyatiningsih, D. 2006. Mengajar Dengan Kreatif & Menarik : Buku Pegangan Untuk Mengajar

Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi.

Susilana, R., & Riyana, C.2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Wright, J. A. 2005. Animation Writing and Development : From Script Development to Pitch. USA: Focal Press.

Alkitab Terjemahan Baru. 2009. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia GPM, Tata Pelayanan Anak – Remaja dan Katekisasi Gereja Protestan Maluku tahun 2010 – 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Denissa Alfiany Luhulima, Nyoman Sudana Degeng, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

=====================================================================

JINOTEP Indexed by:

      

________________________________________________________________________________________________________

TOOLS:

   

_________________________________________________________________________________________

ARTICLE TEMPLATE:

 _______________________________________________________________________________________________________

MEDIA PARTNER:

      

________________________________________________________________________________________________________

CONFERENCE PARTNER:

________________________________________________________________________________________________________

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in collaboration with Indonesian Educational Technology Study Program Association (APS TPI).

Publisher Address:
Laboratorium Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang 
Jalan Semarang No. 5, Kel. Sumbersari, Kec. Lowokwaru
Kota Malang Jawa Timur Indonesia Kode Pos: 65145 Telepon: 0341-551334, Pst. 109
E-mail: jinotep.fip@um.ac.id (CP: 087821191948)

________________________________________________________________________________________________________

 

Jinotep Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats