Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang

Dicky Candra Kurniawan, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Abstract


Abstrak: Era digital pada saat ini berpengaruh pada pendidikan. Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah proses pembelajaran. Media video dalam pembelajaran akan membantu guru untuk memudahkan  menyampaikan materi dan menciptakan situasi pembelajar yang tidak monoton, serta akan membantu memudahkan peserta didik untuk memahami materi. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Media Video Pembelajaran  IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda pada siswa Kelas IV di SDN Merjosari 5 Malang yang valid dan efektif. Pengembangan ini telah melalui tahap identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan materi, pegembangan alat evaluasi, penulisan naskah, produksi media, menyusun petunjuk pemanfatan, validasi/ tes, dan revisi sesuai dengan model pengembangan Sadiman (2010). Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan juga ahli materi. Sasaran uji coba media ini yaitu seluruh  siswa kelas IV di SDN Merjosari 5 Malang. Berdasarkan uji coba validasi yang dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, dan siswa dapat disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan termasuk kategori  valid. Selain itu berdasarkan  tes belajar terhadap siswa dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori efektif.  Sehingga media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dikategorikan valid dan efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Abstract: The digital age is currently influencing education. Education by utilizing technology will facilitate the learning process. Video media in learning will help the teacher to facilitate delivering the material and create a learning situation that is not monotonous and will help make it easier for students to understand the material. The purpose of this development is to produce a product of Science Learning Video Media about the Nature and Change of Objects in Class IV students at Merjosari 5 Malang SDN which are valid and effective. This development has gone through the stages of identification of needs, formulation of learning objectives, material development, development of evaluation tools, scriptwriting, media production, compiling instructions for use, validation/tests, and revisions in accordance with Sadiman's (2010) development model. Product validation is carried out on media experts and material experts. The target of this media trial is all fourth-grade students at Merjosari 5 Elementary School Malang. Based on the validation tests conducted on media experts, material experts, and students, it can be concluded that the video media that has been developed includes a valid category. In addition, based on learning tests on students, it can be concluded that the media developed includes effective categories. So that the learning video media that has been developed is categorized as valid and effective to be used in learning activities.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Handayani, S.N., Sihkabuden., Praherdhiono, H. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. (http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3412/2183)

Irawan, A., Sihkabuden., Sulthoni., 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe dan Yoghurt. (http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2375/1427)

KBBI. Tanpa Tahun. Video, (Online), (http://www.kbbi.web.id/internet), diakses 3 Februari 2018

Mayer, R.E. 2009. Multimedia Learning. Terjemahan Teguh Wahyu Utomo. Tanpa Tahun. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.

Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi:Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sadiman, A. S., Rahardjo R., Haryono A., Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-13. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sihkabuden. 2011. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Yusuf, M.F., Toenlioe, A.J.E., Wedi, A. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Atmosfer Bumi Kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. (http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2075/1220)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dicky Candra Kurniawan, Dedi Kuswandi, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran published by Universitas Negeri Malang in collaboration with the Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with a MoU.

Publisher Address:
Educational Technology Laboratorium, Building D5, 1st Floor
Faculty of Education, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5, Malang City, East Java Province, Postal Code 65145
Email: jinotep.fip@um.ac.id

 

======================================================================

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran is indexed by:

                

Creative Commons License
JINOTEP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JINOTEP Statistics (Since July 13th, 2020)

example counter
View My Stats

View My Stats