Implementation of Behavior Modification Techniques in Overcoming Maladaptive Behavior of Children with Special Needs
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alessandra, T. M., & R-Suradijono, S. H. (2020). Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Kepatuhan pada Anak Dengan High Functioning Autism Spectrum Disorder. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1), 1–21. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i1.15553.
Amalia, N. A., & Savitri, L. S. Y. (2019). Modifikasi Perilaku Peningkatan Kemampuan memakai Kaus pada Anak dengan Intellectual Dissability Tingkat Sedang. Cognicia, 7(3), 281. https://doi.org/10.22219/cognicia.vol7.no3.281-294.
Ananda, D., Muhyani, & Suhandi, T. (2020). Sysmtematic Literature Review Implementasi Higher Other Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,Vol. 10, No.2.
Andhar dan Usman. (2020). Application of Aversion Techniques in Modifying Aggressive Behaviour Students with Autism in Elementary School. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6 (2), 59-67. https://doi.org/10.26858/jpkk.v6i2.14797.
Aprilliani, I., Yuwono, I., & S, M. F. N. G. R. (2021). Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Melalui Pemberian Punishment dan Positive Reinforcement. Jurnal Disabilitas, 1(1), 1–5. Retrieved from http://103.23.232.123/index.php/jd/article/view/6.
Asri, Dahlia Novarianing dan Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori dan Penerapannya. Madiun: UNIPMA Press.
Daulay, N. (2021). Perilaku Maladaptive Anak dan Pengukurannya. Buletin Psikologi, 29(1), 45-63. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.50581.
Dwiandriani, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Pengembangan Diri Melalui Teknik Shaping pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40712.
Farisandy, E. D., & Hartini, N. (2020). Efektivitas Modifikasi Perilaku pada Anak dengan Retardasi Mental dan DBD (Disruptive Behavior Disorder). Motiva Jurnal Psikologi, 2(2), 51. https://doi.org/10.31293/mv.v2i2.4437.
Hapsari, C. K., & Hartiani, F. (2019). Penerapan Prinsip Modifikasi Perilaku untuk Meningkatkan Kemampuan Menyikat Gigi pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual Berat. Jurnal Psikologi, 17(2), 119. https://doi.org/10.14710/jp.17.2.119-130.
Jaslinder, J., & Hildayani, R. (2019). Efektivitas Teknik Forward Chaining Pada Kemampuan Menggunakan Kemeja Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual. Journal Psikogenesis, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.24854/jps.v7i1.874.
Khairi, H. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) di PAUD Inklusi Yogyakarta. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(02), 50–65. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i02.233.
Khotimah, K., Efendi, M., & Sunandar, A. (2019). Penggunaan Teknik Aversi Berkondisi untuk Meminimalisir Conduct Disorder untuk Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 5(1), 6–11. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p006.
K, B. E., Septiana, F., & Dwiyanti, N. (2021). Penyusunan Program Intervensi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Ringan Kelas XII dI SLB Nurul Iman Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 47–55. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.568.
Lalitya, L., & Tedjasaputra, M. S. (2019). Efektifitas Differentiated Reinforcement of Incompatible Behavior (DRI) dalam Menurunkan Perilaku Agresi Verbal pada Remaja dengan Moderate Intellectual Disability. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 105. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21616.
Latuheru, G., & Meiyutariningsih, T. (2021). Reinforcement Positif untuk Menurunkan Gejala Impuls Suka Menggangu Teman pada Anak ADHD. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(3), 1200. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2376.
Mareta, Aufa Melia. (2020). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama Stay At Home. Alfuad Journal, 4 (1).
Muhdiar, F. A., & Handayani, E. (2019). Efektivitas Teknik Repeated Oral Reading dan Implementasi Teknik-Teknik Modifikasi Perilaku dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca pada Anak dengan Mild Intellectual Disability. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 114. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21872.
Noormiyanto, Faiz dan Shinta Purwaningrum. (2019). Peningkatan Sikap Asertif Melalui Teknik Assertive Trainning pada Siswa Disabilitas Rungu di SLB Negeri 1 Bantul. Elementary School, 6 (1), 70-78. DOI:10.31316/esjurnal.v6i1.101.
Rezieka, D. G., Putor, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus dan Klasifikasi ABK. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya Vol. 8, No. 2.
Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.177.
Puspasari, K. D. (2020). Teknik modelling simbolik dan reinforcement positif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada Anak Intellectual Disability. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.22219/procedia.v6i2.12641.
Sandrawati, Fri Corina, Martini Jamaris, & Asep Supena. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5 - 6 Tahun dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Visipena Journal, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.485.
Saragih, A. A. (2020). Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 1(2), 119–127. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.29.
Soebroto, M. J. A., & Djuwita, E. (2021). Penerapan backward chaining untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 1. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.11542.
Wahyuningsih, D., & Hartiani, F. (2021). Efektivitas teknik forward chaining dalam meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan intellectual disability taraf sedang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 64. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.13547.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um005v6i22022p189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of ICSAR

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of ICSAR is Indexing by:
---> View Statistic
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.