The Influence the Picture Exchange Communication System Method toward The Communication Ability of Autistic Child
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrachman, M., & Sudjadi. (1994). Ministry of Education And Culture Directorate General of Higher Education Academic Workforce Education Project. Jakarta: Education Extraordinary.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bondy, A., & Frost, L. (2011). A picture’s worth: PECS and other visual communication strategies in autism. Woodbine House.
Efendi, .M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Heryati, E., & Ratnengsih, E. (2017). Penggunaan Metode Pecs (Picture Exchange Communication System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Autis. PEDAGOGIA, 15(1), 539-547.
Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Lestari, T. P. (2016). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Metode PECS (Picture Exchange Communication System) untuk Membantu Perkembangan Komunikasi dan Interaksi Anak Autis. Jurnal Cybermatika, 3(2).
Maisaro. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode PECS (Picture Exchange Communication System)Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Malang. Skripsi, Universitas Negeri Malang.
Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial” dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: DIVA Press.
Septiari, N. N. S., Suarni, D. N. K., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terstruktur Dengan Media Pecs Untuk Meningkatkan Komunikasi Pada Anak Autis Di Slb C1 Negeri Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 5(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.
Wiwahani, P. W. (2015). Efektivitas Metode PECS (Picture Exchange Communication System) Fase I-IV Terhadap Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Autis Kelas 1 SDLB di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wiwit. W. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Picture Exchange Communication System (PECS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A TK Islam Terpadu Mutiara Hati Sawojajar Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um005v2i22018p180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Journal of ICSAR
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of ICSAR is Indexing by:
---> View Statistic
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.