ANALISIS INTERAKSI SIMBOLIK KYAI DAN SANTRI DALAM PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN BERBASIS NILAI DAN ETIKA

Adhe Kusuma Pertiwi

Abstract


 

Abstrak: Kyai menjadi panutan santri dalam bertindak dan bersikap. Kepemimpinan kyai menekankan pada penanaman nilai dan etika melalui interaksi yang dilakukan dengan santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ciri kepemimpinan yang berbasis nilai dan etika di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, mendeskripsikan bentuk keterlibatan Kyai dalam melaksanakan penanaman nilai dan etika kepada santri, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kyai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren Sabilurrosyad didasarkan pada sikap kesederhanaan, tanggung jawab, ketegasan, kesabaran dan teladan. Sikap tersebut diimplikasikan dalam bentuk interaksi pada kegiatan rutin yang dilakukan di pondok oleh Kyai dan Santri. Pelaksanaan penanaman nilai dan etika dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun luar santri.

 

Kata Kunci: Ciri Kepemimpinan, Interaksi, Nilai dan Etika, Faktor

 

 

Full Text:

PDF

References


Aziz, H., dan Taja, N. 2016. Kepemimpinan Kyai dalam Menjaga Tradisi Pesantren (Studi Deskriptif di Pondok Pesantren Khalafi Al-Mu’awanah Kabupaten Bandung Barat). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 9-18.

Bruinessen, M. V. 2005. Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan Press.

Duval, T. S., & Silvia, P. 2002. Self-Awareness, Probability of Improvement, and the Self Serving, (Online), (http://journal of personality and social psychology, 82 (1), 49-61).

Fadhilah, A. 2011. Struktur dan Pola Kepemimpinan Kyai dalam Pesantren di Jawa,(Online), (https://jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/89/

, diakses 2 November 2017.

Gunawan, I. 2007. Hubungan Keterlibatan Guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I., dan Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum, 2(2), 98-117.

Gunawan, I., dan Sulistyoningrum, R. T. 2013. Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 3(1), 50-87.

Nugraha, F. 2010. Kepemimpinan Kyai di Pesantren, (Online), (http://firman-nugraha.blogspot.co.id/2010/04/kepemimpinan-kyai-di-pesantren.html), diakses 25 Oktober 2016.

Kusmintardjo. 1989. Kepemimpinan dalam Pendidikan. Dalam Soekarto, I., dan Soetopo, H.,(Eds.), Administrasi Pendidikan (hlm. 251-279). Malang: Penerbit IKIP Malang.

Mursidik, E. M., Tryanasari, D., dan Gunawan, I. 2013. Pengembangan Buku Pedoman Microteaching Berbasis Lesson Study Prodi PGSD FIP IKIP PGRI MADIUN. Jurnal Pendidikan, 19(1), 1-26.

Shah, A. J., dan Monahan, M. L. 2008. The Leadership Styles in Academia: Four Faces of University Presidents, (Online), (http://www.aims-international.org/AIMSijm/abstracts/2-2-1-a.pdf), diakses 22 Oktober 2016.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative: Malang

Wiartha, H. A. P. 2017. Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Islam di Desa Winong Kalidawir Tuluangagung, (Online), (http://www.repo.iain-tulungagung.ac.id)

Zainuddin, M., dan Mustaqim, A. 2008. Studi Kepemimpinan Islam (Telaah Normatif dan Historis). Semarang: Putra Mediatama Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats